Belajar Dari Seorang Penebang Kayu

Diterbitkan tanggal 14 September 2012

Belajar Dari Seorang Penebang Kayu

Ada sebuah cerita, seorang penebang kayu yang sangat kuat meminta pekerjaan di pedagang kayu dan dia mendapatkannya. Bayarannya benar-benar baik dan begitu juga kondisi kerja. Untuk itu, penebang kayu itu bertekad untuk melakukan yang terbaik.

Bosnya memberikan kapak dan menunjukkan kepadanya daerah dimana dia bekerja dan mendapatkan pohon.

Hari pertama, penebang kayu membawa 17 pohon.

“Selamat,” kata bos. “Pergilah seperti itu!”

Sangat termotivasi oleh kata-kata bosnya, penebang pohon berusaha lebih keras lagi pada hari berikutnya, namun ia hanya bisa membawa 14 pohon. Hari ketiga dia bekerja lebih keras lagi, tetapi dia hanya bisa membawa 8 pohon. Hari demi hari dia membawa pohon berkurang terus menerus.

Pikir penebang kayu “Aku kehilangan kekuatanku”. Ia pergi menghadap ke bosnya dan meminta maaf, mengatakan bahwa ia tidak bisa mengerti apa yang sedang terjadi.

“Kapan terakhir kali kau mengasah kapakmu?” Tanya bos.

“Mengasah? Saya tidak punya waktu untuk mengasah kapak saya. Saya telah sangat sibuk untuk memotong pohon … ”

Kehidupan kita seperti itu. Kita kadang-kadang begitu sibuk bahwa kita tidak punya waktu luang untuk mengasah “kapak”. Dalam dunia sekarang ini, tampaknya semua orang terlalu sibuk, tapi yang di dapat kurangnya kebahagiaan.

Mengapa demikian? Mungkinkah kita telah lupa bagaimana untuk tetap “tajam”? Apa ada yang salah dengan aktivitas dan kerja keras kita, sehingga kita mengabaikan hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup, seperti kehidupan pribadi kita, meluangkan waktu untuk mendekati Pencipta kita, memberikan lebih banyak waktu untuk keluarga kita, mengambil waktu untuk membaca atau hal lainnya.

Kita semua perlu waktu untuk bersantai, untuk berpikir dan bermeditasi, untuk belajar dan tumbuh. Jika kita tidak meluangkan waktu untuk mengasah “kapak” kita akan menjadi kusam dan kehilangan efektivitas kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>